Buku Panduan Blogger Dulu Saat KKN Adalah Buku Panduan Update Website Desa Gumbrih

Fajar Purnama
7 min readOct 19, 2020

Catatan

Buku panduan ini merupakan buku panduan yang saya tulis ketikan melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Gumbrih Jembrana, Bali, ketika saya masih mahasiswa S1 di Universitas Udayana antara tahun 2013–2014 (saya lupa). Salah satu kontribusi kami adalah membuat buku panduan bagi Desa Gumbrih untuk mengurusi blognya yang pada saat itu menjadi website utama. Ceritanya, tim KKN sebelum kami, mengkontribusikan pembuatan blog Desa Gumbrih karena salah satu potensi Desa Gumbrih adalah obyek wisatanya dan untuk menarik lebih banyak turis dapat dilakukan dengan mempromosi obyek wisata Desa Gumbrih melalui website. Tetapi tim KKN sebelumnya hanya dapat melakukan sampai disitu saja, sehingga belum diserahterimakan ke Desa Gumbrih. Oleh karena itu, tujuan tim KKN kami adalah membuat buku panduan mengurus website Desa Gumbrih pada saat itu dan penyerahkan kepengurusannya ke Desa Gumbrih. Namun setelah saya kembali lagi hari ini saya tidak lagi dapat menemukan website Gumbrih tersebut, antara sudah tidak diurusi lagi sehingga dihapus atau pinda ke website lain contohnya saya temukan http://desagumbrihpekutatan.blogspot.com/. Jika ada yang mengetahui perkembangan website Desa Gumbrih terkini, silahkan beri komentar. Jadi buku panduan ini sekarang hanya berguna sebagai tutorial Blogger atau Blogspot. Pada akhirnya, tulisan ini ditunjukkan bagi yang sama sekali tidak pernah blogging tetapi ingin mengetahuinya dan mencoba, dan bagi yang ingin mengetahui apa yang…

--

--

Fajar Purnama

this blog contains all my articles licensed under creative commons attribution customized sharealike (cc-by-sa) where you can sell but mention the open one here