Mata Uang Kripto 101: BAB 1 Kebebasan Finansial dan Kekayaan

Fajar Purnama
24 min readOct 23, 2020

Mata Uang Digital

Berkat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, mata uang dapat dibuat secara digital dan online. Digital berarti mata uang dapat diimplementasikan di komputer yang prosesnya bisa otomatis dan cepat. Online berarti mata uang dapat digunakan di Internet yang memungkinkan transaksi dan penggunaan lain dari mana saja di dunia kapan saja dengan santai. Saat ini, mata uang digital digunakan untuk toko online dan pembayaran online. Misalnya, saya membayar tagihan listrik, air, telepon, internet, dan lain-lain dari rumah menggunakan smartphone yang tersambung ke Internet. Saya juga bisa memesan barang, makanan, dan barang lainnya dari rumah saya. Mata uang digital juga dapat digunakan untuk berpartisipasi dengan nyaman dalam sistem keuangan global seperti pinjaman, investasi, dan cicilan.

Sehubungan dengan judul buku ini, Anda mungkin ingin bertanya, apa hubungan antara mata uang digital dan mata uang kripto? Mata uang kripto hanyalah salah satu mata uang digital. Mata uang digital adalah kategori umum. Dari pengetahuan saya, saya tahu mata uang digital berikut:

  • Mata Uang Fiat Digital: mata…

--

--

Fajar Purnama

this blog contains all my articles licensed under creative commons attribution customized sharealike (cc-by-sa) where you can sell but mention the open one here