Menentukan Coverage Macro Cell Berdasarkan Okumura Hata Di Matlab

Fajar Purnama
11 min readNov 12, 2020

Catatan

Tulisan ini merupakan tugas S1 mata kuliah Jaringan Nirkabel saya di Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana. Tugas ini tidak pernah dipublikasi dimanapun dan saya sebagai penulis dan pemegang hak cipta melisensi tulisan ini customized CC-BY-SA dimana siapa saja boleh membagi, menyalin, mempublikasi ulang, dan menjualnya dengan syarat mencatumkan nama saya sebagai penulis dan memberitahu bahwa versi asli dan terbuka ada disini.

BAB 1 Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Kuat sinyal yang diterima pada MS (Mobile Station) dari BS (Base Station) dipengaruhi secara umum pada 3 tahap. Tahap pertama adalah pembangkitan sinyal pada BS (Base Station), tahap kedua adalah propagasi, dan tahap ketiga adalah MS (Mobile Station). Sampai saat ini belum ditemukan perhitungan secara empiris propagasi sinyal, yang digunakan saat ini adalah prediksi berdasarkan percobaan dan penelitian (tidak ada teori). Salah satunya adalah Okumura-Hata dimana peneliti dari Jepang mengelilingi daerah urban, suburban, dan rural, mencoba jarak — jarak tertentu dan mengukur sinyal yang didapatkan oleh MS (Mobile Station) dari BS (Base Station). Untuk mengukur kuat sinyal menggunakan Okumura harus menyediakan tabel yang banyak berdasarkan situasi daerah. Walaupun menggunakan Okumura akurat namun boros terhadap waktu karena harus mengecek tabel. Hata menurunkan rumus perhitungan dari Okumura tetapi juga memerlukan waktu yang lama untuk dihitung secara manual. Pada makalah ini akan dibuat perhitungan dari BS (Base Station) ke MS (Mobile Station) berdasarkan rumus Hata di software MATLAB berdasarkan suatu data. Yang dihitung adalah RX (Received) Power di MS (Mobile Station) di daerah Urban, Suburban, dan Rural dari jarak 1 km sampai 20 km.

1.2 Rumusan Masalah

Bagaimana hasil perhitungan daya receiver di MS (Mobile Station) dari transmitter BS (Base Station) di daerah urban, suburban, dan rural berdasarkan rumus Hata menggunakan software MATLAB?

1.3 Tujuan

Untuk membuat perhitungan propagasi sinyal dari BS (Base Station) ke MS (Mobile Station) berdasarkan Okumura-Hata di MATLAB.

1.4 Manfaat

Lebih effisien tenaga dan waktu untuk mencari perhitungan propagasi sinyal.

1.5 Ruang Lingkup dan…

--

--

Fajar Purnama

this blog contains all my articles licensed under creative commons attribution customized sharealike (cc-by-sa) where you can sell but mention the open one here